Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

Rantepao || Sebanyak 25 Gerobak, 120 Tenda, dan 50 buah Tool box bantuan dari Kementerian Perdagangan RI (Kemendag) diserahkan kepada Asosiasi Pedagang Kaki Lima (PKL) Sangtorayaan yang berdagang di lokasi Wisata Kuliner Lapangan Bakti Rantepao, Rabu (30/5) 

Direktur Pemberdayaan Konsumen Kemendag RI, Luther Palimbong yang menyerahkan bantuan tersebut mengatakan bahwa bantuan kepada PKL ini merupakan salah satu bentuk dukungan pemerintah untuk membantu para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk lebih bergairah dalam meningkatkan kualitas usahanya, apalagi para PKL tersebut berada dilokasi yang telah terkonsepkan sebagai salah satu pengembangan wisata kreatif di Toraja Utara.

"Lokasi Wisata Kuliner yang bertempat di sekitar lapangan bakti ini merupakan wilayah yang strategis, dan sangat tepat jika lokasi wisata kuliner untuk membantu peningkatan perekonomian serta meningkatkan gairah pariwisata di Toraja Utara," jelasnya. 

Tidak hanya pada bantuan fisik, untuk lebih memaksimalkan kemajuan usaha disektor informal di Kabupaten Toraja Utara, Kemendag juga akan memberikan pelatihan dan bimbingan kepada para pelaku usaha kecil dan menengah untuk meningkatkan kualitas usaha yang dikelola. 

"Selain bantuan fisik yang kami usahakan, tetapi kedepannya kami akan mengadakan pelatihan-pelatihan kepada para pedagang atau UKM yang ada didalam bagaimana menciptakan makanan dan minuman agar tahan lama dan tidak berjamur. Selain itu, Saya hadir bersama Tim didalam memberikan bantuan berupa bedah warung, tetapi program bedah warung saat ini hanya sebanyak 15 warung/kios dan lokasinya bukan diseputaran Rantepao", tambahnya.

Sementara itu mewakili Pemda, Wakil Bupati Toraja Utara, Yosia Rinto Kadang, ST pada sambutannya dikegiatan tersebut menyampaikan bantuan yang disalurkan oleh Kemendag ini menunjukkan perhatian seriius pemerintah terhadap kemajuan usaha kecil dan kreatif di Kabupaten Toraja Utara yang diharapkan mampu memberikan efek multiplier pada sektor lain khususnya pada pertumbuhan perekonomian dan pariwisata.

 

Wabup juga menghimbau kepada para PKL yang menerima bantuan tersebut dan Asosiasi yang menaunginya agar bantuan yang diterima dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya sebagaimana peruntukannya untuk meningkatkan kualitas usaha PKL yang berjualan dilokasi Wisata Kuliner lapangan Bakti Rantepao, salah satunya dengan bersama - sama menciptakan suasana yang nyaman bagi pengunjung di lokasi wisata kuliner tersebut dengan menjaga kebersihan, menghadirkan keramahan dan juga ketertiban.

"Bantuan ini sangat berguna sekali kepada para Pedagang Kaki Lima yang berada dilokasi Wisata Kuliner. Tenda, gerobak dan tool box yang seragam ini dapat lebih mempercantik lokasi wisata kuliner, yang diharapkan lebih dapat menarik para pengunjung. Selain itu, saya menghimbau kepada para pedagang agar tetap menjaga kebersihan didaerahnya masing-masing dan bantuan tenda, gerobak dan tool box ini tidak boleh diperjual belikan. Jika nanti ada yang berhenti berjualan, saya harapkan bantuan tersebut dikembalikan ke Asosiasi PKL Sangtorayaan agar dapat digunakan oleh pedagang lainnya yang menggantikan".

Dalam penyerahan bantuan dari Kemendag ini, turut dihadiri Penjabat Sekda Toraja Utara, Drs. Roni Rede Bare, M.Pd beserta para Kepala OPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Toraja Utara.

Author Gabriel Steven; Photo Adyanto Patarru
Editor: LPDI Diskominfo SP Toraja Utara

 

SEKRETARIAT DAERAH

Alamat:
Jl. Ratulangi, Singki', Rantepao, kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan
91831

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2810405
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 56

Kemarin 46

Minggu ini 56

Bulan ini 1489

Total 27058