Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

KodimKomsos

Rantepao || Dalam rangka menjalin silahturahmi dan sinergitas kebijakan TNI dengan Pemerintah Daerah, Kodim 1414 Tana Toraja, Rabu kemarin (30/5) mengadakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan Aparat Pemerintah Kabupaten Toraja Utara yang berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati Toraja Utara.

Pada prinsipnya kegiatan Komsos ini dilaksanakan dengan maksud untuk menciptakan komunikasi yang efektif antara TNI dan Pemda melalui sinergitas kebijakan-kebijakan pimpinan TNI guna mendukung berjalannya program-program pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah.  

Selain itu dengan memperhatikan situasi terakhir yang berpotensi memecah belah kesatuan dan persatuan bangsa, dengan terjalinnya komunikasi dan koordinasi yang baik antara kedua pihak, TNI dan Pemda dapat mengoptimalkan perannya masing-masing dalam menciptakan situasi yang kondusif sehingga semangat persatuan dan kesatuan bangsa tetap terpelihara. 

Hal tersebut disampaikan oleh Dandim 1414 Tana Toraja, Letkol CZI. Hiraz Maenaek S.T saat menjelaskan maksud dilaksanakannya forum Komsos.

"diharapkan dengan adanya Komsos ini, dapat mempererat tali silaturahmi kita bersama selain memperkuat komponen bangsa, SDM, pertahanan dan beberapa komponen lainnya didalam pembangunan daerah. Selain itu, diharapkan juga komunikasi sosial ini khususnya di daerah lebih ditingkatkan sesama aparat Pemerintah," jelas Dandim.

Wakil Bupati Toraja Utara, Yosia Rinto Kadang, ST yang membuka kegiatan tersebut mengatakan tidak dapat dipungkiri saat ini nilai-nilai kebangsaan sedang mengalami kemerosotan. Hal ini dapat dilihat dengan makin maraknya peristiwa penyimpangan perilaku sosial dan kriminal yang terjadi di tengah-tengah masyarakat kita bahkan yang dilakukan oleh aparatur pemerintah sendiri yang seharusnya menjadi teladan bagi masyarakat.

KodimKomsos

 

Wabup mencontohkan apa yang ia temui saat melakukan kunjungan kerja di 13 kecamatan, seperti masih banyak ditemui perilaku aparatur yang tidak disiplin dalam melaksanakan kewajiban dan tugasnya. Demikian juga beberapa laporan menyangkut peredaran narkotika yang sudah mulai masuk ke wilayah pedesaan dan merusak generasi muda.   

"saat ini banyak permasalahan yang ditemui dalam masyarakat seperti banyaknya aparatur di tingkat kecamatan tidak melaksanakan apel pagi, keamanan yang masih kurang, pemahaman dengan negara sudah kurang seperti arti dan nilai pancasila bahkan informasi bahwa narkoba pun sudah merambah di pedesaan", ungkap Yosia Rinto Kadang,ST.

Lebih lanjutnya Wabup juga sempat menyinggung peran penting para pengguna media sosial dalam hal menciptakan situasi yang kondusif dan damai di Indonesia khususnya untuk menjaga kerukunan dan toleransi yang selama ini telah terjaga dengan baik di Kabupaten Toraja Utara.

Dengan gencarnya arus informasi yang dapat diperoleh dan dikomunikasikan melalui jejaring media sosial ia menghimbau agar para pengguna lebih bijaksana dalam menerima dan berbagi informasi salah satunya dengan tidak menyebarluaskan informasi yang bersifat destruktif, memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa, informasi yang tidak dapat terverifikasi kebenarannya serta mengandung ujaran atau makna kebencian terhadap pihak tertentu.

"Harapan Kami selaku Pemerintah Daerah, agar di Kabupaten Toraja Utara ini kerukunan antar umat beragama dapat senantiasa terus dijaga, menjaga solidaritas, dan jangan menyalahgunakan penggunaan media sosial sebagai sarana untuk menyebarkan isu negatif yang dapat memecah belah negeri ini seperti menyebarkan berita hoax", imbuhnya.

Pada kegiatan Komsos yang bertema: "Melalui Komunikasi Sosial dengan aparat pemerintah kita tingkatkan sinergitas dan kerjasama antara TNI AD dengan PEMDA dalam menyukseskan program Pemerintah Daerah" juga menghadirkan Kapolres Tana Toraja, AKBPJulianto P. Sirait, Kajari Tana Toraja, Jefri P. Makedepua, dan Penjabat Setda Toraja Utara Rede Roni Bare, M.Pd. Sementara itu, peserta kegiatan ini diikuti oleh para Kepala OPD, para Camat, Lurah dan Kepala Lembang serta aparatur sipil di lingkup Pemerintah Kabupaten Toraja Utara. 

Author Gabriel Steven; Photo: Adyanto Patarru
Editor: LPDI Diskominfo.SP Toraja Utara

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan
91831

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2810405
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 343

Kemarin 1754

Minggu ini 8100

Bulan ini 9239

Total 41758