Print
Category: BERITA
Hits: 558

Rantepao || Kependudukan merupakan salah satu masalah yang kompleks dihadapi oleh setiap pemerintahan daerah oleh karena sifatnya yang dinamis sehingga membutuhkan sinerjitas dan koordinasi yang baik antara Disdukcapil, Camat, dan Kepala Lembang serta stakeholder kependudukan lainnya yang dibarengi dengan langkah-langkah pro aktif untuk mencapai target masyarakat Toraja Utara yang tertib administrasi kependudukan serta ketersediaan database kependudukan yang reliable dan valid.

Hal tersebut disampaikan Asisten Sekda Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Drs. Daniel Silambi, S.Pd dalam sambutannya pada kegiatan Sosialisasi Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang dilaksanakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Toraja Utara,  yang berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati Toraja Utara, Sabtu (13/10/2018).

"peristiwa kependudukan bukan kegiatan yang gampang, serangkaian kegiatan yang bertujuan mendata, menata, menertibkan, mendokumentasi segala yang berhubungan dengan kependudukan, dengan melalui empat proses: didaftar, pencatatan sipil, membuat formulasi untuk data administrasi, dan pelayanan masyarakat. Dukcapil harus pro aktif mendata di lapangan: kelahiran ,kematian, migrasi, adopsi anak. Harus bersinergis antara dukcapil, camat-RK dan Puskesmas agar ada pelaporan untuk mempercepat pemberdayaan program pembangunan disertai Data yang akurat dan valid," jelas Daniel Silambi'.

Kepala Disdukcapil Toraja Utara Drs. John Parubak, M.Si yang membawakan materi pada kegiatan tersebut menjelaskan sosialisasi Administrasi Kependudukan yang didasari UU nomor 24 Tahun 2013 dan Peraturan Pemerintah nomor 37 tahun 2007 sangat penting perannya dalam penyebaran informasi kependudukan khususnya kebijakan kependudukan pemerintah serta untuk memberikan pengetahuan dan membangun kesadaran masyarakat pentingnya masyarakat memiliki dokumen kependudukan untuk menciptakan tertib administrasi kependudukan di Toraja Utara.

Peserta Sosialisasi ini berjumlah.100 orang yang diikuti oleh para Kepala Puskesmas, perwakilan dari Camat se-Kabupaten Toraja Utara, Disdukcapil dan penandatanganan MOU. 

Author: Julina Rande; Photo:Sendri Sudi
LPDI Komunikasi Publik - Diskominfo.SP Toraja Utara