Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

Rantepao || Sebagai dasar dalam penyusunan perencanaan pembangunan tahun 2019 sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Permendagri Nomor 86 Tahun 2017, Bappeda Kabupaten Toraja Utara menyelenggarakan kegiatan Konsultasi Publik draft Rancangan Awal Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Toraja Utara Tahun 2019 yang berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati, Rabu (7/2/'18). 
 
Kegiatan yang dihadiri oleh Ketua DPRD Toraja Utara, Stevanus Mangatta, Plt. Sekretaris Daerah Toraja Utara, Drs. Rede Roni Bare, M.Pd, dan  Kepala Bappeda, Ir. Daniel Tandi diikuti para Kepala SKPD, para Camat, tokoh masyarakat, serta pihak terkait lainnya.
 
Sekda yang juga membuka kegiatan tersebut, dalam sambutannya menyampaikan bahwa konsultasi publik RKPD ini menjadi panduan strategis bagi semua pemangku kebijakan di Toraja Utara, khususnya dalam penyusunan Rencana Kerja (Renja) tahun 2019 yang dilakukan oleh setiap SKPD nantinya. Lebih lanjut Sekda juga menambahkan dalam konsultasi publik RKPD ini penekanannya dapat lebih fokus pada masalah dan tantangan pokok sektoral yang saat ini sedang dihadapi Kabupaten Toraja Utara sehingga dapat menghasilkan rumusan solusi yang tepat.
 
"Kegiatan ini diharapkan memprioritaskan diskusi terkait pada program yang mampu memberikan solusi terhadap masalah yang sedang dihadapi seperti masalah infrastruktur jalan untuk mendukung peningkatan sektor pariwisata, kesehatan serta pendidikan, dan utamanya bagi kesejahteraan masyarakat" ucap Rede Roni.
 
Dalam Penyusunan RKPD satu hal yang penting diperhatikan yaitu kesinergian perencanaan pembangunan pemerintah baik pusat maupun daerah, yang mana ditekankan perencanaan prioritas pembangunan di daerah, Kabupaten/Kota, Provinsi dan Pemerintah Pusat saling terkoneksi dan terintegrasi sehingga pelaksanaan pembangunan dapat berjalan dengan arah yang jelas hasil dan dampak yang optimal. Untuk itu maka ditetapkan Tema RKP Tahun 2019 dan untuk Toraja Utara sendiri, tema yang disepakati yaitu : "Optimalisasi Pelayanan Umum Berbasis Standar Pelayanan Minimal dan Pemeliharaan Kondisi Tertib dan Aman Dalam mendukung Dinamika Sosial Politik dan Demokrasi".
 
Terkait sinergisitas perencanaan tersebut disampaikan oleh Ketua DPRD Toraja Utara didepan peserta Konsultasi Publik RKPD yang hadir. Ia mengingatkan agar dalam penyusunan RKPD selaras dengan Visi Misi daerah Toraja Utara.

"Pokok - pokok pikiran DPRD Toraja Utara, bertujuan sebagai arahan agar Visi dan Misi daerah Toraja Utara dapat tercapai melalui RKPD tanpa mengesampingkan sektor manapun" ucap Stevanus Mangatta.
 
Dalam paparan rancangan awal RKPD Tahun 2019 ini, pendanaan program prioritas dialokasikan pada tiga bidang sektor, yaitu:
1. Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah;
2. SDM, Masyarakat dan Sosial Budaya; dan
3. Ekonomi dan Sumber Daya Alam.
 
 
Author : Asriani S
Foto     : Sulistiyanti
Editor  : LPID Diskominfo Toraja Utara

SEKRETARIAT DAERAH

Alamat:
Jl. Ratulangi, Singki', Rantepao, kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan
91831

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2810405
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 3

Kemarin 29

Minggu ini 284

Bulan ini 1895

Total 7241