Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

 

Rantepao || Setelah melaksanakan tahap Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Lembang/Kelurahan pada bulan November tahun 2017 lalu, hari ini, Senin (12/2/'18) tahap Musrenbang Kecamatan T.A. 2019 di 21 Kecamatan se-Kabupaten Toraja Utara mulai dilaksanakan hingga tanggal 12 Februari 2017.

Sesuai jadwal yang dikeluarkan oleh Bappeda Toraja Utara, untuk hari ini, kegiatan Musrenbang diadakan serentak di 5 Kecamatan,  yaitu: Kec. Sesean Suloara', Kec. Sa'dan, Kec. Rantebua, Kec. Denpina, dan Kec. Buntu Pepasan.

Seperti yang dilaksanakan hari ini di Kecamatan, Sa'dan, Musrenbang yang diadakan di Ruang Pertemuan Kantor Kecamatan Sa'dan, diikuti oleh para pemangku kepentingan, yaitu Anggota DPRD Toraja Utara, Kapolsek Sa'dan, Danramil Sa'dan, Asisten Setda Bidang Administrasi Umum, beberapa perwakilan SKPD, para kepala Lembang di lingkungan Kecamatan Sa'dan, para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh wanita, dan Tokoh Pemuda.

Dalam Musrenbang ini dibahas usulan - usulan prioritas yang telah dirumuskan pada tahap Musrembang Lembang/Kelurahan yang ada di wilayah kecamatan untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun Anggaran 2019. 

Camat Sa'dan, Yamarlin Mangiri dihadapan peserta Musrenbang yang hadir menyampaikan bahwa dalam Tahun 2019 ini diharapkan dapat menentukan usulan-usulan program kegiatan yang paling utama sesuai dengan skala prioritas kebutuhan di Lembang dengan memperhatikan sektor-sektor yang dapat bersinergi dengan program yang ada di SKPD. 

"Saya berharap kepada Lembang dan Lurah untuk betul-betul melihat prioritas usulan lembang dan masyarakat yang penting atau yang mendesak untuk diusulkan baik secara ekonomi, sosial budaya dan pembangunan sehingga bisa kita selesaikan dengan baik, sehingga dalam kesempatan ini mari kita menyinkronkan program masing-masing OPD dan usulan dari setiap kelurahan/ lembang". jelasnya

Sementara itu, Asisten Bidang Administrasi Umum Setda, Dra. Hetty Maria G. Dalopis, M.Si menekankan khusus pada pengembangan potensi di sektor pariwisata  agar SKPD terkait dapat menghadirkan program yang mampu mengembangan dan menggerakkan semua potensi pariwisata di Kecamatan Sa'dan yang mana kesemuanya itu diperlukan koordinasi yang baik dengan pihak kecamatan.

"Kita harus merumuskan perencanaan program pembangunan berbasis kerakyatan yang mampu mengatasi dan mengantisipasi berbagai masalah yang diproyeksikan akan dihadapi masyarakat kita pada tahun 2019 nanti, khususnya dalam pengembangan potensi daerah di sektor pariwisata yang merupakan ikon Toraja Utara. Sehingga dengan program berbasis kerakyatan nantinya akan menggerakkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan, berdampak ke peningkatan ekonomi masyarakat dan Pendapatan Asli Daerah (PAD).  

Dalam pembahasan Musrenbang di bagi 3 bidang program yaitu:
1.  Bidang Ekonomi;
2.  Bidang Infrastruktur, dan
3.  Bidang Sosial Budaya.

Author : Asriani Sirandan
Foto : Sulistiyanti
Editor : LPDI Diskominfo Toraja Utara

 

 
 
 
 
 

SEKRETARIAT DAERAH

Alamat:
Jl. Ratulangi, Singki', Rantepao, kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan
91831

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2810405
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 3

Kemarin 29

Minggu ini 284

Bulan ini 1895

Total 7241