Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

SA'DAN || Pemda Toraja Utara bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Pusat Pengedalian Pembangunan Ekoregion Sulawesi dan Maluku yang mengadakan kegiatan Kampanye dan Aksi Hijau Sungai yang berlangsung di Tongkonan Batu Kianak, Sa’dan Malimbong, Kamis (30/11/2017) pagi.

Selain dihadiri oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Pusat Pengedalian Pembangunan Ekoregion Sulawesi dan Maluku, Bupati Toraja Utara , para Kepala SKPD Toraja Utara, Personil Dandim 1414, Polres Tana Toraja, para camat, lurah dan lembang, para guru dan siswa SMA 1 Sa’dan, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama juga turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Kampanye dan Aksi Hijau Sungai ini bertujuan agar masyarakat sadar akan kebersihan lingkungan terutama di bantaran sungai untuk tidak membuang sampah sembarangan. Selain itu, dalam kegiatan ini dilakukan penanaman pohon bersama di sepanjang bantaran hulu Sungai Sa’dan.

Bupati Toraja Utara, Dr. Kalatiku Paembonan, M.Si menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang mengajar kita semua untuk memelihara kebersihan lingkungan dan bertanggung jawab menjaga bibit-bibit pohon yang akan kita tanam.

“Saya sangat bersyukur atas terpilihnya Toraja Utara, khususnya Sa’dan sebagai tempat Kampanye dan Aksi Hijau Sungai. Saya akan bertanggung jawab atas upaya pelestarian ini. Betapa indahnya jika kita sadar akan kebersihan terutama di Sungai Sa’dan ini,” tambahnya.

KA.Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sulawesi dan Maluku, Ir. Darhamsya, M.Si mengungkapkan bahwa terpilihnya Sungai Sa’dan sebagai tempat penanaman pohon karena sumber daya alamnya kaya dan indah serta cocok untuk menjadi destinasi Nusantara nantinya.

Senada dengan itu, Kadis Lingkungan Hidup Toraja Utara, Arung Buntu Lipa berharap akan adanya dukungan berkelanjutan dari Pemerintah Provinsi untuk kegiatan seperti ini mengingat Sungai Sa’dan sebagai salah satu sungai di Sulawesi Selatan yang menjadi sumber air bagi beberapa kabupaten disekitarnya.


Editor                    : LPIPA Diskominfo Toraja Utara

SEKRETARIAT DAERAH

Alamat:
Jl. Ratulangi, Singki', Rantepao, kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan
91831

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2810405
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 8

Kemarin 35

Minggu ini 77

Bulan ini 690

Total 5077