Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

RANTEPAO || Dinas Dukcapil mengadakan Sosialisasi Kebijakan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan tema Paradigma Baru Kebijakan Administrasi dan Pencatatan Sipil berdasarkan UU No. 24 Tahun 2013 tentang perubahan UU No.23 Tahun 2006.

Sosialisasi yang berlangsung di Rumah Doa, Rantepao, Kamis (30/11/2017) ini dibuka langsung oleh Plt. Sekda Toraja Utara , Drs. Rede Roni Bare, M.Pd didampingi oleh Kadis Dukcapil , Joni Parubak dan diikuti oleh para Camat, Lurah dan Lembang se-Toraja Utara.

Latar belakang perubahan UU No.23 Tahun 2006 dimana perubahan yang mendasar mewujudkan tertib administrasi kependudukan secara nasional yang lebih baik menjadi tanggung jawab pemerintah pusat yang dilaksanakan oleh pemerintah provinsi dan kab/kota guna meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan yang profesional, memenuhi standar tekhnologi informasi, dinamis, tertib dan tidak diskriminatif dalam mencapai standar pelayanan minimal menuju pelayanan prima yang menyeluruh.

Plt. Sekda Toraja Utara , Drs. Rede Roni Bare, M.Pd menegaskan dalam sambutannya bahwa sangat penting masyarakat mempunyai administrasi kependudukan yang lengkap dan akurat. Jangan menganggap sepele kelengkapan administrasi kependudukan yang merupakan hak masyarakat.

“Saya tegaskan kepada camat, lurah dan lembang agar lebih berperan aktif membantu masyarakat dalam kelengkapan administrasi. Selain itu, sebagai pelayan masyarakat, kita dituntut melayani masyarakat dengan ikhlas dan tidak boleh mengeluh serta harus siap 24 jam melayani masyarakat,” tegasnya.

Disamping itu, Kepala Dinas Dukcapil, Joni Parubak mengungkapkan bahwa tujuan perubahan UU No.23 tahun 2006 adalah untuk meningkatkan efektivitas pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat, menjamin akurasi data kependudukan dan ketunggalan NIK serta ketunggalan dokumen kependudukan.

“Harapan saya, dengan adanya sosialisasi ini, camat, lurah dan lembang lebih memahami tugas dan fungsi Dinas Dukcapil, terlebih lagi dalam mengingatkan kembali agar lebih aktif untuk mengingatkan masyarakat akan pentingnya kelengkapan Administrasi Kependudukan,” imbuhnya.

Didalam perubahan UU No. 23, menerangkan bahwa masa berlaku E-KTP yang semula 5 tahun menjadi berlaku seumur hidup, Penertiban Akta Kelahiran dan Pelaporannya, Penertiban Akta Pencatatan Sipil, Pengakuan dan Pengesahan Anak dan Pencatatan Kematian.

Pengurusan dan penertiban Dokumen Kependudukan (KK, E-KTP, Akta Kelahiran, Akta Perkawinan, Akta Kematian, Akta Perceraian, Akta Pengakuan Anak,dll) tidak dipungut biaya.


Editor : LPIPA Diskominfo Toraja Utara

SEKRETARIAT DAERAH

Alamat:
Jl. Ratulangi, Singki', Rantepao, kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan
91831

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2810405
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 30

Kemarin 155

Minggu ini 475

Bulan ini 1918

Total 19860