Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

Rantepao || Kondisi geografis dan tanah di Toraja Utara yang berada di daerah ketinggian yang turut didukung curah hujan yang cukup tinggi memiliki potensi yang besar untuk dikembangkannya budidaya perikanan air tawar dan juga peternakan untuk mendukung pengembangan potensi sektor-sektor produksi daerah yang terkait langsung dengan peningkatan perekonomian masyarakat. 

Akses menuju pengembangan produksi perikanan dan peternakan ini membutuhkan dukungan dari semua pihak, khususnya pemerintah dalam mendorong masyarakat bersama pelaku usaha di Toraja Utara untuk mulai melirik potensi ekonomi yang dapat dihasilkan dari budidaya perikanan air tawar dan peternakan, yang tentunya melalui pengelolaan yang lebih baik dan modern.

Dukungan pengembangan di sektor itu dapat nyatakan melalui penguatan lini pembinaan dan pendampingan serta ketersediaan pakan ternak dan yang tak kalah pentingnya yakni adaptasi teknologi pada pembudidayaan yang difasilitasi oleh pemerintah untuk menjamin proses budidaya ikan dan ternak yang dikelola oleh masyarakat dapat berjalan dan efektif bertumbuh meningkatkan produksinya. 

"kiranya produksi peternakan dan perikanan dapat dikembangkan lebih baik lagi di Toraja Utara melalui peningkatan produksi ternak dan ikan terutama dalam penyediaan nutrisi pakan ternak serta pembudidayaan ikan nila dan ikan mas yang akan dikembangkan lebih lanjut. Kita berusaha mengadakan bibit unggul, jadi jangan mengharap yang gratis demi peningkatan kesejahteraan masyarakat kita," ujar Bupati Kalatiku Paembonan saat memberikan sambutannya di kegiatan Diseminasi Teknologi Budidaya Perikanan Dan Peternakan yang diselenggarakan oleh Badan Pengkajian Dan Penerapan Teknologi (BPPT) bekerja sama dengn Pemerintah Kabupaten Toraja Utara, Jumat, (16/8).

Melalui kegiatan ini Bupati Kalatiku Pembonan juga dengan resmi menyalurkan bibit dan pakan ternak dari BPPT kepada para Penyuluh lapangan di kecamatan yang selanjunya dikembangkan untuk menggairahkan budidaya ikan dan ternak yang lebih produktif di masyarakat. Bantuan bibit dan pakan yang disalurkan Bupati itu merupakan bentuk dukungan BPPT kepada Pemerintah Kabupaten Toraja Utara dalam rangka pengembangan potensi kewilayahan di sektor perikanan dan peternakan yang dihasilkan melalui sinerjisitas dan kolaborasi Pemkab Toraja Utara bersama Pemerintah Pusat, dalam hal ini bersama BPPT.

Adapun pakan ternak yang disalurkan pada kegiatan tersebut yaitu berupa pakan ikan sebanyak 2 ton, pakan ternak babi sebanyak 2,5 ton. sedangkan untuk bantuan bibit yakni 25.000 bibit ikan mas dan 20.000 bibit ikan nila. 

Kegiatan diseminasi pemanfaatan teknologi ini penting untuk dilakukan dalam membangun wawasan dan pengetahuan para penyuluh dalam melakukan peran pembinaan dan pendampingan ke masyarakat yang akan menunjang produktifitas perekonomian usaha masyarakat. Dengan pengembangan teknologi tepat guna yang terus dilakukan pemerintah, masyarakat sebagai basis ekonomi juga turut memiliki akses ke pengetahuan akan teknologi yang mendukung pengembangan usaha budidaya perikanan dan peternakan.

Hal tersebut menjadi dasar pokok pikiran diseminasi yang dijabarkan melalui 3 materi yaitu Pakan dan Nutrisi Ternak; Teknologi Produksi Perikanan, dan materi  Ikan Nila, Mujair dan Udang Serta Proses Pemilahannya, yang dipresentasikan oleh BPPT pada kegiatan tersebut.

Pada kegiatan tersebut, BPPT diwakili oleh Direktur Pusat Teknologi Pertanian Dudi Iskandar yang turut didampingi Kepala Biro Hukum, Kerja Sama dan Humas BPPT Ardi Matutu Pongtuluran. Selain itu turut mendampingi Bupati Toraja Utara, Kepala Dinas Perikanan Dan Pertanian Ir. Daud Pongsapan dan Kepala Dinas Pertanian Medan Sandabunga dan diikuti oleh para penyuluh pertanian, perikanan dan peternakan di Toraja Utara.

Reporter: Julina Rande

LPDI - Komunikasi Publik

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 127

Kemarin 253

Minggu ini 1132

Bulan ini 4233

Total 144652