Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

gub rantebua1

Rantebua || Gubernur Sulawesi Selatan Prof. Dr. Ir. H.M Nurdin Abdullah, M.Agr setibanya di Kabupaten Toraja Utara, Rabu (21/8) dalam rangkaian kunjungan kerja bersama Wakil Gubernur Andi Sudirman Sulaiman langsung melakukan peninjauan progres proyek preservasi ruas Jalan Provinsi di Kecamatan Rantebua yang menghubungkan 3 Kabupaten Kota yaitu Toraja Utara, Kabupaten Luwu, dan Kota Palopo.   

Disela peninjauan, Gubernur Nurdin Abdullah yang saat itu didampingi Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan mengatakan kuantitas dan kualitas infrastruktur jalan di kabupaten/kota menjadi salah satu faktor penting yang mempengaruhi pertumbuhan perekonomian masyarakat. Keberadaan akses jalan tersebut akan membuka sirkulasi ekonomi yang langsung menyentuh masyarakat, tidak hanya dalam memenuhi kebutuhan logistik tapi menumbuhkan berbagai peluang kewirausahaan yang dapat mensejahterakan masyarakat.

Untuk itu, Pemprov Sulsel saat ini memprioritas pembangunan jalan di Kabupaten untuk menunjang pembangunan akses jalan yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten.    

"dengan akses pembangunan yang memadai tentu dapat menumbuhkan perekonomian masyarakat, apa yang tak bisa dikerjakan di kabupaten/kota maka kewenangan provinsi untuk membantu", kata Gubernur Nurdin Abdullah

Gubernur juga menyebut, proyek jalan ini juga merupakan jawaban pemerintah atas aspirasi masyarakat khususnya masyarakat yang berdomisili di kecamatan perbatasan dua kabupaten yaitu Kecamatan Rantebua (Toraja Utara) dan Bastem (Luwu) yang selama ini sangat merindukan hadirnya akses jalan yang memadai untuk menunjang aktifitas perekonomian dan mobilisasi masyarakat.

"Sejak dulu masyarakat di Rantebua khusunya di sekitar wilayah Bastem ini mengharapkan pembenahan infrastruktur seperti ini, sebab melalui peningkatan infrastruktur jalan ini akan membuka rantai ekonomi bagi masyarakat di Bastem yang akan memudahkan akses untuk mendistribusikan dagangan mereka entah itu ke Toraja atau ke Luwu," ungkap Nurdin Abdullah.

Diharapkan Rampung Tahun 2020

Pengerjaan ruas jalan batas Kabupaten Toraja Utara yang dimulai dari Tedong Bonga, Kecamatan Kesu' hingga ke Kabupaten Luwu ini merupakan satu satu proyek preservasi jalan provinsi tahun anggaran 2019 yang ditujukan untuk memberikan akses penghubung lalu lintas antar kabupaten/kota yang lebih mudah, cepat dan memadai.

gub rantebua2

Untuk itu Gubernur Nurdin Abdullah berharap perampungan pengerjaan jalan tersebut berikut dengan struktur overlay dapat selesai sesuai target, bahkan Gubernur mendorong agar di awal tahun 2020 akses jalan tersebut telah dapat dioperasikan melayani arus lalu lintas kedua kabupaten. 

"Diharapkan bulan Desember tahun 2019 beberapa jalan yang telah dikerjakan di kabupaten Toraja Utara seperti jalan yang menghubungkan antara Toraja Utara dan Luwu bisa tuntas dan pada bulan januari 2020 sudah bisa beroperasi dan jika perlu awal tahun sudah bisa tembus overlay. Perlu diketahui bahwa ini merupakan akses mempermudah dua hingga tiga kabupaten yaitu Toraja Utara, Luwu dan Palopo dimana aksesnya lebih cepat, tidak ekstrim dan jalannya lebih luas," jelasnya.

Sebelum mengakhiri keterangannya, Gubernur Nurdin Abdullah menegaskan kembali bahwa peran penting keberadaan jalan ini nantinya akan menambah akses jaringan distribusi logistik yang lebih memadai yang tentunya akan berdampak pada pelaksanaan pembangunan yang diselenggarakan oleh masing - masing Pemerintah Kabupaten/Kota yang terhubung khususnya dalam upaya meningkatkan pertumbuhan perekonomian daerah dan masyarakatnya. 

"Ini merupakan beberapa kolaborasi antara beberapa kabupaten yang saling menopang dalam menumbuhkan masing-masing perekonomian dan menumbuhkan rantai pendapatan masyarakat dimana orang yang berwisata di Toraja tidak hanya dapat mengunjungi Toraja namun bisa ke Luwu atau Palopo dan sebaliknya", kunci Gubernur Nurdin Abdullah.

Bersama Bupati Toraja Utara, juga tampak hadir mendampingi Gubernur Sulsel pada peninjauan tersebut beberapa pejabat Pemprov Sulsel seperti Kepala Dinas PU Pemprov Sulsel dan Kepala Biro Humas & Protokol Setprov Sulsel. Selain itu juga turut mendampingi Bupati Toraja Utara beberapa pejabat di lingkup Pemkab Toraja Utara termasuk juga Camat Rantebua Elias Madi Para'pak.

Reporter: Basry; Muh. Arafah

LPDI - Komunikasi Publik

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 127

Kemarin 253

Minggu ini 1132

Bulan ini 4233

Total 144652