Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

SESEAN SULOARA || Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan, mengunjungi salah satu Eco Tourism di Toraja Utara yakni, Pasar Bambu To' Kumila' yang berada di Lembang Tonga Riu Kecamatan Sesean Suloara, Sabtu, (31/8/2019).

Pasar Bambu ini menggunakan Pendekatan Pembangunan dan Pengembangan Kepariwisataan Berbasis Komunitas (Community Based Tourism – CBT) yang sering dipandang sebagai alat dalam meningkatkan ekonomi masyarakat setempat. Nyata dimana masyarakat Lembang/Desa Tonga Riu antusias dan berduyun-duyun datang membawa hasil bumi sayuran, buah, kuliner, serta kudapan lokal seperti; pokon, sokko’ , belundak, kuririk, onde-onde serta berbagai minuman seperti; sara'ba, terung belanda, kopi arabica dan juga souvenir hasil kerajinan bambu berupa mug, miniatur rumah toraja dan lainnya.

Dalam kunjungannya Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan berbaur menyapa serta berbelanja di setiap stand penjual di lokasi Pasar Bambu To' Kumila' dengan menggunakan potongan bambu khusus sebagai alat transaksi khas Pasar Bambu To' Kumila' yang di tukar dengan uang.

Selain itu, Kalatiku Paembonan juga menikmati kuliner di lokasi sambil minum kopi bersama masyarakat dan pengunjung pasar lainnya.

"Pasar Bambu To' Kumila ini merupakan salah satu objek wisata unik yang ada di Toraja Utara dimana kita bisa menikmati hawa sejuk kesegaran alam hutan bambu sekaligus menikmati kuliner lokal dan kopi Toraja serta menikmati panorama indah pegunungan sambil menyaksikan penampilan kesenian dari masyarakat setempat seperti sebelumnya ada penampilan Musik Bambu, To Manganda’ dan Tarian Pa’ Gellu’. Pasar Bambu To’ Kumila’ ini akan menjadi salah salah satu destinasi unggulan di toraja utara," ucap Kalatiku Paembonan saat di wawancara.

Beliau menambahkan bahwa wisata ini perlu dikembangkan kedepan dengan keasliannya, dan tentunya dengan dukungan serta keterlibatan masyarakat setempat.

Pasar bambu yang sudah berlangsung ke empat kalinya ini akan berlangsung dua bulan sekali dimana mendukung green tourism tanpa plastik yang direncanakan akan di laksanakan lagi pada 26 Oktober 2019.

Diakhir kunjungan Bupati berdiskusi mendapatkan berbagai masukan mengenai pengembangan eco tourism dari komunitas fotografer Makassar yang menyintas ke pasar bambu ini setelah rally foto ma’nene’ di Kecamatan Rindingallo.

Reporter : Martinus SilolonganRafa Ara

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 380

Kemarin 337

Minggu ini 380

Bulan ini 1128

Total 274787