Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

wamena1

RANTEPAO || Terkait peristiwa amuk massa di Wamena yang mengakibatkan turut jatuhnya puluhan korban jiwa termasuk empat orang warga asal Toraja, Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan menyampaikan ungkapan belasungkawa kepada keluarga korban sekaligus keprihatinannya atas terjadinya peristiwa kerusuhan tersebut.

“pemerintah dan masyarakat di Kabupaten Toraja Utara prihatin atas insiden yang terjadi di Provinsi Papua dan khususnya di Wamena Kabupaten Jayawijaya, dan kami mengucapkan turut berdukacita bagi keluarga korban yang berduka khususnya warga Wamena asal Kabupaten Toraja Utara. Kiranya keluarga dikuatkan dan mendapat penghiburan dari Tuhan yang Mahakuasa," ungkap Kalatiku Paembonan.

Sesuai informasi yang diperoleh dari Tongkonan Kotaraja Jayapura, empat korban meninggal dunia warga Wamena asal Toraja Utara tersebut yakni: Yohanis Karangan, Yunus Karre', Yunus Todingbua serta Rohul.

Dalam keterangan bersama Ketua IKT Jayapura Desti Pongsikabe dan Sekretaris Ikatan Keluarga Toraja (IKT) di Provinsi Papua, Yulius kepada Diskominfo Toraja Utara, Kamis (26/9) diperoleh informasi, hari ini IKT Papua bersama pemerintah setempat sedang mempersiapkan pemberangkatan pemulangan jenazah tiga korban ke Toraja malam ini melalui Bandar Udara Sentani Jayapura dengan menggunakan pesawat maskapai Batik Air.

Sementara satu jenazah yaitu atas nama Yohanis Todingbua masih terhambat proses evakuasi di Kota Wamena.

Dalam kesempatan itu juga, Yulius mengharapkan dukungan Pemkab Toraja Utara untuk kelancaran pemulangan jenazah hingga tiba di rumah duka.

"kalo bisa kami mengharapkan dukungan fasilitas Ambulance dari Pemkab Toraja Utara untuk menjemput jenazah saat tiba di Bandara Hasanuddin Makassar untuk kemudian dibawa ke Toraja Utara," kata Yulius.

Menyikapi pemulangan jenazah warga Toraja itu, Pemkab Toraja Utara siang tadi telah melakukan koordinasi dengan pihak IKT Jayapura dan IKT Papua dan Makassar sekaligus mempersiapkan dukungan transportasi Ambulance dari Makassar hingga ke rumah duka.

Mari kita sama - sama berdoa agar kondisi di Papua khususnya Kota Wamena dapat kembali pulih dan proses evakuasi pengungsi dan korban dapat berjalan dengan baik,

#Pray4Wamena
#KitaSemuaBersaudara
#Papua
#torajautara

Photo Source: Desti Pongsikabe

LPDI - Komunikasi Publik

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 378

Kemarin 337

Minggu ini 378

Bulan ini 1126

Total 274785