Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kab. Toraja Utara melalui Program Pelayanan Langsung ke Masyarakat dengan Sistem Mobile melakukan Pencatatan Sipil Massal di Kampung Ba’lele, Kelurahan Mentirotiku, Kecamatan Rantepao, Senin (21/11/2017) pagi. Kegiatan yang juga dihadiri oleh beberapa tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat diikuti sebanyak 16 Pasutri yang antusias mengikuti program ini.

Yan Sambo, salah seorang tokoh masyarakat setempat memberikan apresiasi terhadap program mobile Capil ini. Ia mengatakan program Mobile Capil ini merupakan layanan efektif yang harus terus digalakkan oleh Pemerintah karena bersentuhan langsung dengan kebutuhan masyarakat sekaligus memudahkan masyarakat dalam pengurusan dokumen kependudukannya.

“Kegiatan ini saya berikan apresiasi tinggi kepada Dinas Dukcapil yang sangat membantu masyarakat dalam kelengkapan dokumen kependudukan. Program inilah yang sangat dinanti-nantikan oleh masyarakat,” ungkapnya.

Demikian juga yang disampaikan oleh salah satu tokoh agama, Pdt. Agustinus Lamba', S.Th, ia mengatakan bahwa program ini sangat membantu masyarakat untuk memiliki dokumen-dokumen legal untuk menciptakan masyarakat yang tertib administrasi, khususnya dalam hal kepemilikan dokumen pernikahan yang sah, dengan memperhatikan tiga pilar hukum yang juga mengakomodir hukum adat sesuai konteks yang ada di Toraja.

“Saya sangat mendukung program ini karena tentunya akan mengurangi masalah perceraian. Selain itu, didalam rangkaian pencatatan sipil nikah ini, diingatkan kembali akan janji pernikahan serta hak dan kewajiban pasutri. Harapan saya, semoga kegiatan ini dapat dilakukan diseluruh wilayah Kabupaten Toraja Utara, mengingat data pasutri yang hanya menikah lewat sistem adat. Ini juga diperlukan karena kekuatan pernikahan itu wajib mencakup tiga pilar hukum yaitu, hukum adat, hukum agama dan hukum pemerintahan,” jelasnya.

Kegiatan yang berlangsung ini bukan hanya mencakup Pencatatan Sipil tetapi juga melayani pengurusan Akte Pernikahan, Akte Kelahiran, Kartu keluarga, dan KTP Elektronik.

“Selain memberikan Akte Nikah, kami langsung memberikan pelayanan Akte Kelahiran, Kartu Keluarga dan KTP Elektronik yang baru. Harapan kami kedepannya, semoga program pelayanan kami ini dapat diterima oleh masyarakat,” ungkap Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan, Kosreani Ranteallo , SE, MM.


Editor : LPIPA Diskominfo Toraja Utara

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 377

Kemarin 337

Minggu ini 377

Bulan ini 1125

Total 274784