Print
Category: BERITA
Hits: 535

RANTEPAO || Komitmen Pemerintah Kabupaten Toraja Utara mendukung suksesnya Sensus Penduduk 2020 oleh Badan Pusat Statistik ditunjukkan dengan peluncuran dimulainya pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 oleh Bupati Toraja Utara, Dr. Kalatiku Paembonan, M.Si pada hari Sabtu pagi, (15/2/2020) lalu, di Kantor Bupati Toraja Utara, Pasang Lambe’.

Sebelum  resmi diluncurkan, Bupati Kalatiku Paembonan dalam sambutannya mengatakan, selain menjalankan amanat Undang Undang, Sensus Penduduk 2020 juga merupakan bagian dari grand design revitalisasi data pemerintahan di sektor administrasi kependudukan untuk mewujudkan integrasi data yang berkualitas.

"kita harus paham betul bahwa Sensus Penduduk 2020 ini merupakan salah satu implementasi dari Perpres No.39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia dan Perpres No.62 Tahun 2019 tentang Strategi Nasional Percepatan Administrasi Kependudukan," ungkapnya.

Dijelaskannya pula, dengan melihat kondisi riil ketersediaan data di Toraja Utara selama ini baik pada aspek kualitas maupun kuantitas, memang sudah saatnya dibutuhkan suatu formula pencacahan statistika yang efektif dapat menutup celah ke-tidak-singkronan data pada aspek de jure dan de facto.

"sebagai kabupaten pemekaran, administrasi kependudukan kita memerlukan penyempurnaan dan harus memiki sebuah kepastian. Setelah sensus ini diharapkan memiliki variasi perspektif dalam validasi data," jelasnya.

Untuk itu, Bupati Kalatiku Paembonan kembali menginstruksikan kepada seluruh jajarannya turut berperan aktif menyukseskan Sensus Penduduk 2020 ini dengan menyelesaikan pengisian data kependudukan secara online secepatnya yang dimulai pada hari ini agar dapat menjadi contoh bagi masyarakat.

"mari kita dukung dan ikut menyukseskan penyelenggaraan Sensus Penduduk 2020 ini dan jangan pernah lupa fungsi kita sebagai pelayan masyarakat dan aparatur yakni mendekatkan pelayanan kepada masyarakat," tandasnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Toraja Utara, Joni Matasik dalam laporannnya menyampaikan apresiasinya yang tinggi atas dukungan penuh Pemkab Toraja Utara menyukseskan Sensus Penduduk 2020 ini dengan secara kongkrit menggerakan seluruh komponen Pemda terlibat di dalamnya.

Ia mengungkapkan, bahwa selama dirinya mengabdi di BPS, baru kali ini didapati pemerintah daerah yang sangat peduli terhadap validasi data. Hal ini menurutnya, contoh pengejawantahan semangat disentralisasi yang baik, dimana kebijakan nasional benar – benar didukung dan dilaksanakan oleh pemerintah daerah .

Lebih lanjut Joni Matasik juga menuturkan, bahwa terdapat 2 tujuan dari Sensus Penduduk 2020 yakni, menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk Indonesia menurut de facto dan de jure menuju Satu Data Kependudukan Indonesia dan menyediakan parameter demografi dan proyeksi penduduk serta karakteristik penduduk Iainnya untuk keperluan proyeksi penduduk dan berbagai indikator Target Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Di sesi akhir kegiatan, Peluncuran Sensus Penduduk 2020 di Toraja Utara ini ditandai dengan pengisian data kependudukan Kepala Daerah secara online, dalam hal ini Bupati Kalatiku Paembonan yang langsung mengisi sendiri data kependudukannnya melalui sensus.bps.go.id yang selanjutnya diikuti oleh pejabat teras dan pegawai di lingkup pemerintah Kabupaten Toraja Utara.

Nampak hadir dalam Launching Sensus Penduduk 2020 tersebut, Asisten Bidang Pemerintahan Setda Semuel S. Rompon, Kepala Dinas Kominfo-SP Toraja Utara Yakub Pongsendana dan jajarannya, para kepala OPD Sekab Toraja Utara atau yang mewakili dan segenap jajaran dari Badan Pusat Statistik Toraja Utara.

Sensus Penduduk 2020 online ini dapat diakses dari 15 Februari hingga 31 Maret 2020 mendatang dan dilakukan dengan mengakses situs sensus.bps.go.id. Selanjutnya, masyarakat memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) dan klik 'Cek Keberadaan". Setelah membuat password dan masuk, kemudian dilanjutkan dengan mengisi sejumlah pertanyaan.

Terdapat 21 pertanyaan dasar seperti nama lengkap, alamat, pekerjaan, pendidikan, dan perumahan. Setelah menjawab pertanyaan terkait data keterangan individu dan perumahan, masyarakat dapat mengirimkan dan mencetak atau mengunduh bukti partisipasi dalam Sensus Penduduk 2020 ini secara online.

#MencatatIndonesia #SP2020

Reporter : BasryRafa Ara


LPDI - Komunikasi Publik