Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

SOPAI || Wakil Bupati Toraja Utara, Yosia Rinto Kadang, ST menghadiri sekaligus memonitoring jalannnya kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Tahun Anggaran 2021 yang berlangsung di Aula kantor Kecamatan Sopai, pada Kamis (20/2/2020) kemarin.

Dalam arahannya kepada peserta forum Musrenbang Kecamatan Sopai, Wabup Yosia Rinto mengingatkan agar program yang diusulkan sudah memenuhi kriteria skala prioritas, yang berarti asas partisipatif telah dijalankan sesuai mekanisme yang diatur untuk menyerap seluruh aspirasi masyarakat, aspek kemanfaatan publik, kesetaraan dan berkeadilan. 

"Musrenbang merupakan tempat untuk perencanaan pembangunan untuk anggaran tahun depan, sehingga perlu diusulkan program berskala Prioritas untuk kepentingan umum, bukan hanya untuk kepentingan pribadi maupun golongan tertentu!," tegasnya.

Memang faktanya tidak semua usulan yang diajukan Lembang  di tiap kecamatan akan terakomodir dalam RAPBD 2021 yang salah satunya dipengaruhi faktor kemampuan fiskal daerah yang terbatas. Tapi yang tidak boleh diabaikan partisipasi semua stake holder Musrenbang di semua level dalam menjalankan fungsi kontrolnya terhadap usulan - usulan prioritas yang diajukan,

Dengan berjalannnya fungsi kontrol oleh masyarakat, nantinya program prioritas yang menjadi bahan penyusunan RKPD 2021 sudah merupakan Program yang benar - benar menyentuh prinsip dan tujuan perencanaan pembangunan.

"kegiatan Musrenbang yang diadakan setiap tahun bukan dijadikan kegiatan yang menjadi "topeng" saja, segala usulan program yang berprioritas, wajib dikawal terus sampai benar-benar dapat terealisasi, sehingga nantinya menutup peluang program-program siluman," imbuh Wabup Yosia Rinto.

Tampak pula hadir dalam Musrenbang ini, Anggota DPRD Toraja Utara, Calvin Para'pak dari fraksi Golkar dan Yohanes Sampebulu dari Fraksi Nasdem, Waka Polres Toraja Utara, Kompol Mathius Tappi', Kadis Tata Ruang Torut, Daniel Tandi, Kepala BPBD, Alexander Tappang, Camat Sopai, Marthen Panggalo, Lurah dan Kepala Lembang se- Kec. Sopai, Perwakilan dari masing-masing OPD, Tokoh masyarakat, Tokoh pemuda, dan Tokoh agama.

#Musrenbang
#torajautara
 
Reporter: Gabriel Steven; Swita Turalaki
LPDI - Komunikasi Publik

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 305

Kemarin 419

Minggu ini 724

Bulan ini 20489

Total 232448