Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

RANTEPAO || Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) TA. 2021 terus bergulir. Beberapa hari kemarin sejak 18 hingga 20 Februari 2020, beberapa kecamatan melaksanakan Musrenbang di wilayahnya masing-masing. Diantaranya Kecamatan Rantepao, Buntu Pepasan, Sanggalangi, Bangkelekila', Tallunglipu dan Buntu Pepasan.

Di Kecamatan Rantepao, usulan program prioritas masih didominasi sektor fisik dan infrastruktur seperti rabat beton, drainase, pemasangan rambu lalu-lintas dan zebra cross, penyaluran bibit tanaman holtikultura, pemberian modal usaha, pelatihan, pemberian bantuan sosial, pengadaan sarana dan prasarana pendidikan dan kesehatan, pengadaan sarana prasarana kebersihan, penanganan objek wisata dan penanganan terhadap lingkungan hidup.

Anggota DPRD Toraja Utara, diantaranya Julianto Mapaliey Katunde, Yusup Tangkemanda dan Agus Parrangan dalam sambutannya menekankan agar anggaran yang ada dapat diawasi, mengutamakan skala prioritas, melihat efek serta manfaat dari pembangunan yang diprioritaskan. Selanjutnya, dari sektor PAD, Anggota DPRD Toraja Utara juga menjelaskan bahwa setiap masyarakat harus sadar pajak. Disamping itu, pengelolaan Lapangan Bakti menurutnya harus diserahkan kepada Kelurahan Singki' dan melakukan penataan bangunan di Rantepao mengingat Rantepao merupakan Ibu Kota dari Toraja Utara yang juga merupakan Daerah Tujuan Wisata.

Camat Rantepao, Ronny Kala'suso dalam sambutannya mengajak masyarakat di setiap kelurahan dan lembang fokus mengusulkan program solutif terhadap penangan permasalahan krusial yang ada di Rantepao.

"Kita semua bertanggungjawab terhadap permasalahan yang ada, baik itu dari penanganan lalu-lintas, pengadaan sarana dan prasarana untuk kebersihan, dan lain-lain. Kita harus ingat bahwa Rantepao ini merupakan wajah kita bersama," imbaunya.

Sementara perwakilan Bappeda Toraja Utara, Rimba Sampetoding, SE., MM sebagai fasilitator pelaksanaan Musrenbang mengatakan agar peserta forum Musrenbang memahami dengan benar proses tahapan dan tujuan pelaksanaan Musrenbang hingga pada penyusunan RKPD di tingkat Kabupaten.

"latar belakang dari musrenbang ini adalah pemerintah wajib menyusun RKPD tahun 2021,melalui musrenbang yang terlebih dahulu dilaksanakan pada lembang dan kelurahan kemudian usulan tersebut disinkronkan dengan program yang ada pada OPD, dipilih mana program prioritas dibawa pada forum gabungan," jelasnya.

Turut hadir Kepala OPD terkait pada Bidang Infrastruktur, Ekonomi dan Sosial Budaya dan staf, Staf Khusus Bupati Aloysius Lande', Perwakilan dari TNI Polri, para Tokoh Agama, Masyarakat, Pemuda, Pengurus 2anita, LSM, BKM dan Karang Taruna.

#Musrenbang
#torajautara
 

Reporter : Julina Rande
Photo : Swita Turalaki
LPDI - Komunikasi Publik

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 17

Kemarin 400

Minggu ini 1378

Bulan ini 6235

Total 268187