Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

BUNTU PEPASAN || Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) T.A. 2021 di Kecamatan Buntu Pepasan dibuka oleh Camat Paulus Batti di Ruang Pertemuan Kantor Kecamatan, Selasa, (18/2/2020).

Kepala Bapeda Toraja Utara, Ir. Aris Mantong, dalam kegiatan ini menyampaikan, Musrenbang T.A. 2021 merupakan momen penting bagi Pemerintah Kabupaten Toraja Utara dalam menerapkan sistem informasi perencananan (e-planning) dan anggaran (e-budgeting) berbasis elektronik online

Kedua sistem informasi ini dirancang untuk terintegrasi, yang dalam prosesnya akan saling support mengawal realisasi program yang berangkat dari proses Musrenbang oleh OPD berikut penyusunan anggaran yang efisien dan terarah.  

"Musrembang tahun ini di upayakan dapat diselesaikan, terkait penggunaan e-planning dan e-buggedting dapat terselesaikan sehingga Musrembang kedepan akan lebih efisien dengan berbasis online," ungkap Aris Mantong.

Terkait program yang akan diusulkan melalui Musrenbang Kecamatan ini, Aris Mantong meminta agar program yang diusulkan adalah program yang singkron dengan upaya Pemkab Toraja Utara dalam mengentaskan berbagai masalah - masalah sosial dan ekonomi di masyarakat dengan mendorong akses masyarakat untuk terlibat langsung mengelola usaha - usaha produksi sehingga yang kemudian terjadi pendapatan domestik bruto (PDB) bergerak selaras dengan pertumbuhan ekonomi.   

"Masih banyak persoalan yang akan di hadapi ke depan seperti angka kemiskinan dan kita masih berada di taraf urutan 21 kemiskinan dari 24 kabupaten/kota se provinsi sulawesi selatan. Meski pun Pertumbuhan ekonomi meningkat sebanyak 8% tapi angka kemiskinan tinggi sehingga ini terbalik sehingga ini menjadi masalah kita ke depan disamping itu tingkat pengangguran kita tergolong besar", terangnya" jelasnya.

Contohnya pada usulan program sektor fisik dan infrastruktur. Usulan di sektor ini diharapkan berupa kegiatan - kegiatan yang menyasar ataupun dapat memberikan dampak langsung terhadap sektor-sektor produktif, dengan harapan outcomenya dapat memberdayakan dan meningkatkan kemapanan ekonomi riil masyarakat di Lembang secara keseluruhan, yang kemudian secara komprehensif juga turut mendorong peringkat Kabupaten Toraja Utara, baik regional maupun nasional.

"dari kondisi ini adalah menjadi program prioritas kita dimana penurunan kemiskinan dan peningkatan pendapatan di dukung dengan infrastruktur yang baik, jalan provinsi apabila target 75% dan jalan nasional 90%," lanjut Kepala Bappeda.

Kebijakan Infrastruktur dan Penataan Tenaga Honorer

Aris Mantong dalam kesempatan tersebut juga menjelaskan beberapa isu strategis terkait kinerja pembangunan infrastruktur di Toraja Utara dan juga masalah pengelolaan Tenaga Honorer Pemkab yang berdampak pada keuangan daerah.

Pembangunan dan perbaikan semua objek infrastrukur, khususnya jalan sangat ditentukan oleh sumber pembiayaan, yakni kemampuan APBD Daerah. Oleh karena itu Pemkab Toraja Utara mau tidak mau secara cermat dan akuran menetapkan skala prioritas dalam pengadaan dan perbaikannya.  

"jalan kabupaten kita di Toraja Utara masih tergolong tinggi. Saat ini tercatat 778 km jalan kabupaten, dan biaya pemeliharaan bisa mencapai 100 juta per kilometer. 

Sementara, terkait Tenaga Honorer di Pemkab Toraja Utara, Kepala Bappeda mengatakan jika pelaksanaan kebijakan penataan Tenaga Honorer akan dilakukan berdasarkan analisis beban kerja. Hal ini sudah urgent untuk dilaksanakan, tidak hanya dalam upaya efisiensi tapi juga akan mendorong efektifitas kinerja ASN Pemkab Toraja Utara yang lebih profesional.

"Tenaga Honorer kita sekitar 4000 orang dan anggaran yang telah dipersiapkan baru 7 bulan tentunya penataan Tenaga Honor ini perlu dilakukan intinya tidak melampaui dari analisis kebutuhan, tambahnya.

Hadir dalam Musrembang, Anggota DPRD Kab. Toraja Utara Agus Tuku Sarira dari Fraksi Demokrat, Asisten Bidang Pemerintahan Setda Semuel S. Rompon, Kepala Lembang, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Pendidikan, dan para Kepala dan perwakilan OPD/ beserta Perwakilan dari TNI dan POLRI.

#Musrenbang
#torajautara
 
Reporter : Basry
Photografer : Rafa Ara
 

LPDI - Komunikasi Publik

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 10

Kemarin 400

Minggu ini 1371

Bulan ini 6228

Total 268180