Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

RANTEPAO || Rendahnya minat dan konsentrasi siswa terhadap pelajaran matematika sebagai komponen wajib dalam kurikulum sistem pendidikan nasional dari jenjang dasar hingga menengah memberikan pengaruh signifikan terhadap keluaran kualitas SDM peserta didik di Indonesia. 

Kondisi itu menjadi bagian keprihatinan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) yang perlu segera dientaskan secara kolaboratif untuk menyokong peningkatan mutu pembangunan sektor pendidikan di era otonomi daerah.

Pendekatan pembelajaran yang belum cukup menyentuh aspek kontekstual berikut mentalitas dan perspektif siswa terhadap pelajaran matematika ditenggarai menjadi faktor korelatif mempengaruhi terjadinya kondisi tersebut yang salah satunya dapat diubah dengan memperbaharui pendekatan pembelajaran oleh pendidik matematika kepada siswa.

"kami menilai bahwa pelajaran matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang menjadi momok menakutkan bagi anak-anak didik kita, sehingga teknik mengajar matematika dengan sistem yang menyenangkan perlu diterapkan bagi tenaga pendidik yang ada," tutur Staf Ahli Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), Hj. Himmatul Hasana, MP kepada Sekretaris Daerah Drs. Rede Roni Bare, M.Pd bersama jajaran Pemkab Toraja Utara saat mensosialisasikan program peningkatan mutu tenaga pendidik, di Aula Gedung Gabungan Dinas Pemkab Toraja Utara, Selasa (25/2/2020). 

Sebagai tambahan informasi, rujukan atas minat siswa (nasional) terhadap matematika dapat dilihat melalui hasil survey Penilaian kualitas Siswa di 78 negara tahun 2018 oleh lembaga internasional Programme for International Student Assessment (PISA)  yang menempatkan kemampuan matematika siswa Indonesia berada di peringkat 72 dengan skor 379, cukup terpaut jauh dari tetangga kita Singapura dan Thailand dengan skor rata-rata di atas 410.

Berangkat dari keprihatinan tersebut, Apkasi mendorong Pemerintah Kabupaten agar menginisiasi para tenaga pendidiknya untuk menguasai pendekatan pembelajaran matematika yang lebih kreatif sehingga siswa melihat matematika bukan lagi sebagai materi yang sulit untuk dipelajari apalagi untuk dihindari. 

"program yang kami sosialisasikan bagi tenaga pendidik adalah teknik belajar cepat matematika dengan sistem yang menyenangkan" paparnya.

Dipilihnya Toraja Utara sebagai salah satu lokus program peningkatan mutu oleh APKASI juga tidak terlepas dari potensi sumber daya yang dimiliki Toraja Utara dan arah kebijakan pembangunan Provinsi Sulawesi Selatan.

"setelah road show APKASI di beberapa daerah dalam mensosialisasikan beberapa program penting didalam peningkatan mutu dan kualitas Tenaga Pendidik, Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. Nurdin Abdullah memberikan kami amanah bahwa program ini harus di sosialisasikan di Toraja Utara," ungkap Himmatul.

Tidak hanya metode pembelajaran matematika, program ini juga menawarkan metode  pembelajaran bahasa Inggris yang diyakini efektif membantu peserta didik hingga masyarakat pelaku kepariwisataan lebih mudah mempelajari bahasa internasional tersebut. 

"selain itu, program teknik cepat menguasai Bahasa Inggris dapat diterapkan di Toraja Utara, karena Kabupaten ini merupakan Kabupaten Pariwisata, selain tenaga pendidik, disarankan Pemda mengusung perwakilan dari pengelola objek wisata," tutupnya.

Menyambut paparan program Apkasi, Sekretaris Daerah, Rede Roni menyatakan kesiapan Pemkab Toraja Utara mengaplikasikan program  mutu bagi tenaga pendidik matematika dan bahasa Inggris di Toraja Utara sebab program ini selaras dengan upaya pencapaian misi pembangunan Pemerintah Kabupaten Toraja Utara di bidang pendidikan, 

"Pemerintah Daerah Toraja Utara menyambut baik program yang telah diusung oleh APKASI, dan kami siap menggelar kegiatan peningkatan mutu dan kualitas Tenaga Pendidik yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Toraja Utara, karena bidang pendidikan merupakan salah satu sektor penting yang harus ditingkatkan demi kemajuan daerah," ungkap Sekda Rede Roni. 

Turut hadir bersama Sekda, Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Dra. Simbong Ranggina, M.H., Sekretaris Dinas Pendidikan Tangke Datu beserta Kabid dan Staf, Kabag Pemerintahan, Kabag Tupim, Kabag Hukum , Pemerhati Budaya dan Pendidikan Aloysius Lande', SE., Ketua MKKS, Ketua PGRI, Himpaudi, perwakilan pengawas sekolah, perwakilan Dinas Pariwisata dan Sekretaris Dinas Kominfo-SP.

Reporter: Gabriel Steven

LPDI - Komunikasi Publik

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 37

Kemarin 408

Minggu ini 37

Bulan ini 37

Total 251670