Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

RANTEPAO || Upaya pengembangan pariwisata di Toraja sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) terus dilakukan secara bertahap oleh Pemerintah dengan Pemerintah Kabupaten Toraja Utara. Salah satunya aspek yang diprioritaskan yaitu penataan infrastruktur penunjang KSPN oleh Kementerian PUPR di beberapa objek wisata yang ada di Toraja Utara.  

Hal ini terungkap dalam pertemuan antara pihak Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR dengan Pemerintah Kabupaten Toraja Utara, Rabu (26/2/2020) lalu di Hotel Heritage, Kesu'.

Dijelaskan, sasaran penataan infrastruktur terpadu oleh Kementerian PUPR mencakup aspek penataan kawasan, jalan, sanitasi, pengelolaan sampah dan hunian penduduk. Sementara yang menjadi sasaran penanganan infrastuktur tahun ini di Toraja Utara yaitu objek wisata Negeri Di Atas Awan.

"untuk tahun ini yang akan mulai dikerjakan kawasan wisata Lolai dan tahun berikutnya kawasan wisata Bori’, Palawa dan Londa," imbuh Bupati. 

Dalam pertemuan tersebut Bupati Kalatiku Paembonan menjelaskan, keseriusan Pemkab Toraja Utara Utara bersinergi dengan kementerian - kementerian terkait sudah dan sedang dilakukan, melalui kebijakan pengalokasian anggaran dalam APBD bagi penataan terpadu objek - objek wisata prioritas.

"pihak Pemda siap untuk menganggarkan apa yang menjadi kolaborasi pemda seperti DED Dokumen lingkungan dan lain pengurusan dokumen tanah," Ucap Bupati.

Selain itu, penertiban bangunan di sepanjang daerah aliran sungai Sa'dan juga merupakan langkah kongkret yang dilakukan Pemkab Toraja Utara untuk memastikan program pembangunan infrastruktur penunjang KSPN Toraja berjalan sesuai rencana.   

Sebelumnya di hari yang sama, Direktorat Jendral Cipta Karya di wakili Ka. Subdit Pemukiman wilayah III Indonesia Timur Direktorat Jendral Cipta Karya Kementerian PUPR, Aswin bersama Tim dari Balai Kawasan Permukiman Provinsi Sulsel dan Tim Ahli Finalisasi Penataan Kawasan Lolai melakukan inspeksi ke kawasan objek wisata Tiro Tiku Lola, Kecamatan Kapala Pitu.

Sejak tahun 2018  Pemerintah telah menetapkan destinasi 10 + 2 KSPN baru yang ditargetkan menjadi "Bali Baru" untuk kemudian diharapkan dapat meningkatkan penerimaan negara dan investasi di sektor pariwisata. Dua KSPN Toraja dan Mandeh (Sumbar) dipilih menjadi prioritas percepatan penanganan infrastruktur penunjang pariwisata dalam aspek potensi strategis pariwisata pegunungan dan budaya yang dimilikinya.

Tampak hadir dalam pertemuan itu, Sekda Toraja Utara Rede Roni Bare, Kepala Dinas Tata Ruang dan Pemukiman Toraja Utara, Daniel Tandi, Plt Kepala Dinas PUPR Toraja Utara Paulus Tandung , Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Yory Lesawengan dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tolla Pongsinaran. 

Seusai pertemuan tersebut, dilanjutkan dengan peninjauan bantaran sungai yang telah di tertibkan beberapa waktu yang lalu.

Anugrah Y. Rundupadang
Sekretaris DInas Kominfo-SP
 
Foto: Muh. Arafah
 
LPDI - Komunikasi Publik

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 334

Kemarin 419

Minggu ini 753

Bulan ini 20518

Total 232477