Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

Tondon || Berlangsung di Ruang Pertemuan, Kantor Gabungan Dinas, Marante, Selasa (5/1/2021) Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan didampingi Wakil Bupati Yosia Rinto Kadang memimpin serah terima jabatan (Sertijab) Kepala Dinas Lingkungan Hidup Toraja Utara dari pejabat lama Tolla Pongsinaran, S.Pd kepada Pejabat Pelaksana Tugas (Plt.) Drs. Herman Taruk Padang.

Sesuai dengan Keputusan Bupati Toraja Utara, pergantian pucuk pimpinan Dinas Lingkungan Hidup dilakukan mengingat Tolla Pongsinaran telah memasuki masa purna tugasnya (pensiun).

Dalam sambutannya Bupati Kalatiku Paembonan menyampaikan kekagumannya atas kinerja dan prestasi yang telah didedikasikan oleh Tolla Pongsinaran bagi perkembangan pembangunan di Toraja Utara.

Beberapa kontribusi besar dinas yang pernah dipimpin oleh Tolla Pongsinaran terhadap pembangunan di Toraja Utara menunjukkan adanya kualifikasi managerial yang telah teruji. Bupati memberikan salah satu contoh keberhasilan Dinas Lingkungan Hidup dalam menangani polemik seputar Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Lembang Karua, Kecamatan Balusu.     

"dalam dinamika perkembangan organisasi pemerintahan kita, beliau kita tempatkan di Lingkungan Hidup, ternyata ketika beliau ada di sana justru penanganan lingkungan hidup lebih lincah lagi. Pendekatan - pendekatan beliau kepada masyarakat di Karua, itu bagi saya sesuatu yang kita bisa saksikan. Kemacetan komunikasi yang terjadi sebelumnya itu dapat diperlancar oleh beliau," kenang Bupati.

Atas dedikasi dan kinerja yang telah ditunjukkan baik selama menjabat selaku Kepala Dinas Perinkop UMKM dan Kepala DInas Lingkungan Hidup, Bupati menyampaikan terima kasih dan penghargaannya kepada Tolla Pongsinaran.

"Jajaran pimpinan dengan ini mengucapkan terima kasih yang sebesar - besarnya kepada Bapak Tolla atas segala prestasi yang telah dilakukan selama ini. Ini suatu kenangan yang baik, yang kami catat sebagai sesuatu yang berharga dan bernilai bagi daerah kita dan saya berharap ini bisa diteruskan oleh pejabat yang baru," ungkap Bupati.

Sementara bagi Plt. Kepala Dinas Herman Taruk Padang yang saat ini juga menjabat selaku Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup, Bupati meminta agar ke depannya Dinas Lingkungan Hidup dapat melakukan inovasi dalam menangani berbagai persoalan yang terkait langsung dengan pengelolaan kebersihan dan kelestarian lingkungan.

Ada tiga (3) poin arahan Bupati yang disampaikan kepada Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup, yaitu:

1. Pengelolaan Kebersihan yang lebih efektif dengan melibatkan partisipasi masyarakat seperti mendorong kesadaran masyarakat
    untuk memisahkan sampah rumah tangga organik dan non organik;
 
2.  Menggalakkan gerakan penghijauan melalui penanaman pohon; dan
 
3.  Mengedepankan pendekatan persuasif dan komunikatif kepada masyarakat untuk secara aktif mendukung program - program
     pemerintah terkait pengelolaan dan penataan sektor lingkungan hidup di Toraja Utara. 

 

Selain serah terima jabatan, dalam acara ini juga dilakukan serah terima memori kegiatan dan aset di Dinas Lingkungann Hidup Toraja Utara dari pejabat pimpinan yang lama kepada pejabat pimpinan baru.

Acara Sertijab kepala Dinas Lingkungan Hidup ini turut disaksikan Sekretaris Daerah Kabupaten Toraja Utara, Rede Roni Bare, para Kepala OPD, dan pejabat struktural di lingkungan pemerintah Kabupaten Toraja Utara.

Tim Reporter: Julina Rande - Basry  
 
 
Diskominfo.SP - 2020  

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 1

Kemarin 433

Minggu ini 2378

Bulan ini 2378

Total 365388