Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

BARUPPU || Secara geografis Kecamatan Baruppu dengan luas wilayah 162.17 Km2 menjadi salah satu kecamatan terluas dan terluar di Kabupaten Toraja Utara yang terbagi dalam empat wilayah administratif yaitu Kelurahan Baruppu Selatan, Lembang (Desa) Baruppu Parodo, Lembang Benteng Batu dan Lembang Baruppu Utara. 

Sebagaimana umumnya wilayah terpencil, kondisi dan sarana dan prasarana fasilitas publik termasuk dukungan konektivitas jalan yang memadai di Kecamatan Baruppu tidak dapat dipungkiri masih terbilang minim jika di bandingkan dengan kecamatan lain yang luas wilayahnya lebih kecil serta jarak tempuh yang dekat dengan pusat perekonomian Kabupaten.

Namun demikian, dengan kapasitas fiskal daerah yang cukup terbatas, Pemkab Toraja Utara hingga saat ini tetap berbuat banyak mengupayakan ketersediaan sarana prasarana kebutuhan publik di kecamatan terluas ini, khususnya pada area pelayanan dasar wajib yang bersifat krusial seperti fasilitas layanan pendidikan dan kesehatan. Di sektor pendidikan misalnya, di Kecamatan Baruppu saat ini telah tersedia 7 Sekolah Dasar dan 3 Sekolah Menengah Pertama (SMPN), dengan dua di antaranya berstatus SMP SATAP. Sedangkan di sektor kesehatan, Kecamatan Baruppu memiliki satu Fasilitas Kesehatan Puskesmas.   

Untuk melihat sejauh mana perkembangan dan kondisi faktual di lapangan, pada hari Jumat (19/6/2020) lalu, Bupati Kalatiku Paembonan di dampingi beberapa pejabat teras Pemkab Toraja Utara melakukan peninjauan ke Kecamatan Baruppu, yang dipusatkan di Tongkonan Sarang-Sarang, Lingkungan Salu, Kelurahan Baruppu Selatan.

Kepada para Tokoh masyarakat, Adat dan warga yang hadir Bupati menyampaikan, fokus utama dari kunjungannya ini untuk melihat kondisi terakhir masyarakat dan pembangunan di Baruppu sekaligus mendengarkan masukan serta keluhan langsung dari komponen masyarakat di sana.

Dalam kesempatan tersebut Bupati ingin masyarakat memahami, sebagai salah satu kabupaten pemekaran yang masih terbilang baru, tuntutan mendasar dan utama yang harus dipenuhi oleh Pemkab Toraja Utara yaitu ketersediaan akses masyarakat terhadap pelayanan dasar wajib seperti di bidang kesehatan dan pendidikan yang meliputi aspek fisik serta sumberdaya manusianya.

Tuntutan tersebut sudah sejalan dengan visi misi pemerintahan yang dipimpinnya yaitu "Mekar Untuk Sejahtera". Dalam hal ini Bupati Kalatiku Paembonan melihat bahwa pemenuhan hak dasar masyarakat yang bersifat krusial tersebut di seluruh wilayah administratif termasuk di Kecamatan Baruppu secara umum telah dilaksanakan secara berkelanjutan dengan cukup baik dan merata meskipun di satu sisi Bupati juga mengakui jika Pemkab Toraja Utara harus bekerja lebih keras untuk melakukan perbaikan kualitas dan kuantitas pelaksanaan pembangunan sektoral di tahun - tahun ke depan.      

"sekolah saya kunjungi tadi diharapkan ke depan bisa menjadi tembok dan bukan kayu lagi, tolong ingatkan saya setiap saat karena fasilitas pendidikan harus ditingkatkan, dan se-bisa mungkin guru sekolah di sini adalah yang berasal dari Kecamatan Baruppu sehingga mempunyai semangat dan tanggungjawab yang tinggi dalam memberi bekal pendidikan bagi siswa," kata Bupati.

Kinerja pelayanan petugas kesehatan di Kelurahan Baruppu Selatan juga turut mendapat sorotan Bupati Kalatiku Paembonan. Sorotan ini diungkapkannya berdasarkan laporan masyarakat setempat yang mengeluhkan akses memperoleh layanan kesehatan di Poskesdes yang ada.

"beberapa orang tua saya temui di jalan, saya merasa anaknya; dan pelayanan kesehatan di sini harus diaktifkan, seperti Poskesdes tadi dengan mengangkat perawat yang berasal dari kampung disini, saya juga minta perhatikan makanan agar imun tubuh baik," ungkap Kalatiku.

KELUHKAN PELAYANAN DASAR, MASYARAKAT MINTA TENAGA PENDIDIK DAN KESEHATAN BERASAL DARI LINGKUNGAN SETEMPAT.   

Sementara, masyarakat lingkungan Salu yang diwakili lima Tokoh Masyarakat pada pertemuan tersebut turut menyampaikan aspirasi warga kepada Bupati. Berdasararkan catatan yang diperoleh, aspirasi masyarakat Lingkungan Salu yakni: Pemekaran wilayah Lingkungan Salu dari Kelurahan Baruppu Selatan menjadi Lembang tersendiri; peningkatan kapasitas tenaga pendidik dan peningkatan kualitas dan kuantitas pelayanan kesehatan dengan memberdayakan SDM kesehatan asal setempat, serta perbaikan dan pembangunan jalan dan jembatan untuk mendukung distribusi hasil bumi di lingkungan Salu.

Atas beberapa poin aspirasi masyarakat yang disampaikan, Bupati meminta  agar tenaga kesehatan dan pendidik yang terpanggil untuk mengabdi di wilayah tersebut segera menyerahlan berkasnya untuk ditindaklanjuti agar bisa segera bertugas di kampung Salu. Sementara untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan perbaikan jalan dan pembangunan jembatan, pihaknya akan mengupayakan realisasinya dapat dilakukan di tahun depan. 

"tugas saya bersama Agustinus Parrangan yang Anggota DPRD Toraja Utara yang berasal dari Kampung ini tahun depan bisa membangun jalan dan jembatan," jelasnya,

Kehadiran Bupati Kalatiku bersama rombongan di Lingkungan Salu ini disambut melalui prosesi adat Ma'parapa' yang dibawakan oleh Kepala Lembang Baruppu Parodo dan pengalungan untaian kopi oleh tetua adat setempat.   

Turut hadir dalam kunjungan Buoati ini, Camat Baruppu, Daniel Rumengan, Ka. Dinas Sat. Pol-PP dan Damkar, Andarias Sesa, Sekretaris Kominfo.SP, Anugrah Y Rundupadang, Sekcam Baruppu, Petrus Pongtasik, dan Lurah Baruppu Selatan, Mercy Lale'.(*) 

Anugrah Y. Rundupadang
Sekretaris Dinas Kominfo.SP
 
 
LPDI - Komunikasi Publik 

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 389

Kemarin 337

Minggu ini 389

Bulan ini 1137

Total 274796