Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

Tondon || Mengubah paradigma pelayanan teknis bidang kesehatan ke arah yang lebih berorientasi pada upaya preventif dan promotif diyakini akan lebih efektif memberi dampak signifikan pada terciptanya kondisi masyarakat sehat yang ideal jika dibandingkan dengan fokus pada upaya kuratif semata. 

Aspek promotif dan preventif dalam pelayanan kesehatan ini menjadi perhatian Bupati Kalatiku Paembonan yang ditujukan kepada jajaran Dinas Kesehatan (Dinkes) Toraja Utara di tingkat kabupaten dan pelaksana teknis di kecamatan (Puskesmas) dalam kegiatan Rakor bulanan Dinkes yang berlangsung di Gedung Gabungan DInas Pemkab Toraja Utara, Panga', pada Senin (3/8/202) kemarin.

Efektifitas pelayanan preventif dan promotif menurut Bupati adalah terbangunnya kesadaran dan pengetahuan masyarakat akan pentingnya pemeliharaan kesehatan sejak dini. Dengan tertanamnya kesadaran dan pengetahuan kesehatan tersebut secara otomatis akan menempatkan masyarakat sebagai subjek dalam sistem layanan kesehatan semesta bersama pemerintah dalam mewujudkan Indonesia Sehat.

Untuk itu ia meminta Dinkes Toraja Utara mulai merencanakan dan mengelola program layanan kesehatan dengan fokus pada kegiatan kegiatan promotif dan preventif yang benar-benar terstruktur dengan output indikator yang bisa diukur secara faktual atau memiliki dampak langsung pada peningkatan kualitas kesehatan masyarakat Toraja Utara

"bagaimana menciptakan pola hidup sehat di tengah masyarakat dan melakukan tindakan preventif sebab begitu banyak penyakit yang akan menyerang tubuh manusia sehingga diminta kepentingan dan pemahaman seperti ini ialah meningkatkan kualitas pelayanan kepada rakyat kita di Toraja Utara," ujar Bupati.

Dengan mengedepankan upaya pencegahan tentunya juga akan sangat berpengaruh positif pada upaya pemerintah daerah untuk berkontribusi menekan angka kasus baru pada penyakit akut dan kronis di masyarakat baik dalam lingkup lokal maupun nasional seperti Demam Berdarah, TBC, Stunting hingga pencegahan Covid-19. 

Meski pelayanan kesehatan lebih diutamakan pada aspek pencegahan, namun tidak berarti pemerintah mengabaikan porsi perlindungan (kuratif) kesehatan masyarakat. Bupati Kalatiku mengungkapkan, dengan coverage jaminan kesehatan pemerintah bagi masyarakat Toraja Utara capai di atas 90%, telah menunjukkan indikator kebijakan alokatif pemerintah yang tetap memberikan perhatian terhadap aspek perlindungan kesehatan khususnya bagi kalangan masyarakat ekonomi lemah.       

"tidak kurang 96% masyarakat kita memiliki kartu BPJS, ini membuktikan bahwa Pemerintah memiliki semangat dan tekad untuk menyehatkan rakyatnya," imbuhnya.

Masih terkait dengan upaya preventif dan promotif kesehatan, Bupati juga menekankan pentingnya attitude (sikap) para petugas di garda terdepan dalam memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu kepada masyarakat.

Sikap pelayan publik yang baik sekurang-kurangnya harus ditunjukkan dengan sikap empati dan cara berkomunikasi yang ramah baik secara verbal maupun non verbal kepada seluruh pengguna jasa layanan kesehatan pemerintah sebab kemampuan komunikasi para petugas kesehatan akan turut menentukan keberhasilan dari upaya membangun kesadaran dan pengetahuan kesehatan di masyarakat melalui pendekatan-pendekatan preventif dan promotif yang dilaksanakan.     

"setiap aparat Kesehatan memiliki komunikasi yang baik ketika bertemu seseorang dimulai dari sapaan yang sopan dan ramah," jelas Bupati Kalatiku Paembonan.

Hadir mendampingi Bupati dalam kegiatan ini, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Toraja Utara, Elizabet R. Zakaria dan Dirut RSUD Pongtiku dr. Remen Taula'ubi. Sementara peserta Rakor Bulanan Dinkes ini diikuti para Kepala UPT dan Pengelola program kesehatan Puskesmas di 21 Kecamatan.

Tim Reporter: Basry; Muh. Arafah
 
 
LPDI - Komunikasi Publik

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 54

Kemarin 371

Minggu ini 2847

Bulan ini 8813

Total 294110