Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

 
Tondon || Tahun 2020 ini sebanyak 1000 balon lampu penerangan jalan umum (PJU) akan dipasang untuk menerangi jalan - jalan lembang dan kelurahan di Kabupaten Toraja Utara.
 
Hal ini dibeberkan Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (Perkimtan) Toraja Utara, Daniel Tandi dalam rapat bersama Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan, PLN Rayon Rantepao, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) dan para Camat, pada hari Selasa (4/8/2020) di Ruang Media Center Kompleks Perkantoran Dinas, Marante, Tondon.
 
Daniel Tandi menerangkan, 1000 lampu JPU tersebut bersumber dari bantuan hibah pemerintah pusat yang ditujukan guna pemerataan pelayanan penerangan pada setiap kelas jalan di wilayah Kabupaten Toraja Utara.  
 
"Pemerintah kabupaten Toraja Utara mendapatkan bantuan hibah dari Pemerintah Pusat 1000 balon Lampu untuk Penerangan Jalan Umum (PJU) yang akan dipasang pada Lembang dan kelurahan untuk 21 kecamatan di Toraja Utara," ungkapnya.
 
Untuk proses pendistribusian, pemasangan dan instalasinya akan dilaksanakan oleh pihak Dinas Perkimtan Toraja Utara dengan mengandeng teknisi PLN Rayon Rantepao dan pemerintah Kecamatan dan Lembang setempat. yang mana titik sebaran pemasangannya mengikuti hasil pemetaandari Dinas Perkimtan.
 
"yang akan menangani pengadaan Tangkai dan Photocell (komponen sensor cahaya) dari Dinas Perkimtan, serta biaya pemasangan akan dibebankan kepada pihak Lembang dan kelurahan setempat, jelas Daniel Tandi.
    
"untuk pendistribusian pada setiap Lembang dan Kelurahan akan mendapatkan balon (lampu) sesuai dengan titik kalkulasi, maka rasio jumlah balon adalah untuk kategori kota 8 titik, semi kota 7 titik dan desa 6 titik. Pemasangan akan dilakukan oleh teknisi dari Perkimtan kerjasama dengan PLN Rantepao dan Pemerintah setempat," lanjutnya. 
 
Bupati Kalatiku Paembonan sendiri menyambut gembira bantuan lampu PJU ini. Menurutnya bantuan ini merupakan bentuk perhatian dan dukungan pemerintah pusat kepada Kabupaten Toraja Utara.
 
Agar bantuan ini dapat benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, Bupati Kalatiku Paembonan meminta kepada perangkat daerah terkait bersama pemerintah kecamatan dan lembang agar PJU nantinya ditempatkan pada titik strategis untuk mendukung aktivitas warga di malam hari, khususnya di wilayah lembang/kelurahan yang masih minim penerangan. 
 
Sarana penerangan jalan bagi Bupati juga dapat difungsikan sebagai komponen pendukung estetika ruang yang seyogyanya dibutuhkan pada setiap ruas jalan di Toraja Utara dalam menunjang infrastruktur pariwisata. Olehnya Bupati meminta aspek estetika juga harus terakomodir pada penempatan dan pemasangan PJU nantinya.
 
"terang harus menyala di kecamatan. Pada pemasangan lampu harus berinovasi ditempat masing-masing, dengan mendatangkan orang yang akan memasang, agar aman dan rapi, dan pemerintah harus memberi pemahaman kepada bawahan, balon dapat dipasang pada tiang PLN
 
Sementara itu, Kepala Bapenda, Alexander Tikulembang mengapresiasi dukungan PLN Rayon Rantepao untuk terlibat langsung dalam memfasilitasi pemasangan bantuan lampu PJU ini. Untuk itu Kepala Bapeda dalam kesempatan tersebut menggugah kesadaran masyarakat pengguna layanan pascabayar PLN agar disiplin menunaikan kewajiban pelanggan guna mengoptimalkan layanan PLN dalam upaya menerangi seluruh wilayah di Kabupaten Toraja Utara.   
 
"masyarakat dengan sadar membayar retribusi PLN tepat waktu setiap bulan, dalam rangka mendukung Pendapatan daerah kita," imbau Kepala Bapeda.
 
 
Tim Reporter: Julina Rande; Swita Turalaki
 
 
LPDI - Komunikasi Publik 
 

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 54

Kemarin 371

Minggu ini 2847

Bulan ini 8813

Total 294110