Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

Rantepao ||23.000 pelajar di Kabupaten Toraja Utara yang terdiri dari 14.000 pelajar Sekolah Dasar, 5.000 pelajar SMP/Sederajat, dan 4.000 pelajar SMA/SMK/Sederajat menerima bantuan tunai pendidikan Program Indonesia Pintar (PIP) yang bersumber dari APBN pagu indikatif Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Bantuan PIP dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar (KIP) tersebut diserahkan secara simbolis oleh Anggota DPR RI Komisi X Fraksi Partai Nasdem, Dapil Sulsel 3, Eva Stevany Rataba kepada perwakilan sekolah siswa. pada Kamis, (10/9/2020) lalu di Meeting Room RM. Ayam penyet Ria, Rantepao

Eva Stevany dalam kesempatan tersebut menjelaskan, kuota bantuan PIP bagi anak - anak peserta di Kabupaten Toraja Utara diperoleh melalu mekanisme jalur aspiratif dirinya selaku Anggota DPR RI Komisi X yang membidangi Pendidikan.

Program Indonesia Pintar, lanjut Eva merupakan program nasional yang didasari semangat untuk membantu dan memotivasi anak-anak didik dan para orang tua agar dapat tetap memiliki akses ke layanan pendidikan hingga tamat di jenjang pendidikan menengah, dengan sasaran program yang diprioritaskan bagi anak-anak usia didik yang berasal dari keluarga ekonomi lemah dan rentan kemiskinan. 

“Program ini merupakan aspirasi saya selaku anggota DPR RI Komisi X melalui Kemendikbud. Penerima beasiswa tersebut merupakan masyarakat pra sejahtera yang belum tersentuh Program Keluarga Harapan (PKH) maupun yang belum pernah mendapatkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) ataupun PIP Reguler dari Pemerintah daerah melalui dinas pendidikan.” jelas Eva.

Sementara terkait isu tumpang tindihnya berbagai program bantuan pemerintah, Eva menjelaskan bantuan pemerintah dalam hal ini PIP melalui jalur aspirasi DPR RI sebab sebelum ditetapkan penerima manfaat program telah diverifikasi dan dipetakan berdasarkan basis data pokok (Dapodik) yang teregister di setiap sekolah sehingga dapat dipastikan sasaran penerimanya jelas yaitu peserta didik yang belum memiliki KIP. 

"Penerima bantuan PIP dari Pemerintah propinsi/daerah tidak akan tumpang tindih dengan bantuan PIP melalui Jalur Aspirasi, sebab semuanya berdasarkan data yang benar dan akurat berdasarkan data dapodik dari sekolah masing - masing,” lanjutnya.    

Dengan adanya bantuan PIP ini, Eva Stevany Rataba berharap dapat meringankan orang tua siswa di Toraja Utara dalam membiayai kebutuhan pendidikan.  Selain itu Program ini turut dapat meningkatkan motivasi peserta didik dalam belajar dan berprestasi. 

"saya bangga menjadi bagian dunia pendidikan di Indonesia sebab di dunia pendidikan ini yang akan membentuk karakter seorang anak menjadi hebat, unggul dan maju,", ungkap Eva Stevany Rataba.

Selain penyerahan bantuan PIP bagi pelajar pada jenjang pendidikan dasar dan menengah, pada kegiatan ini juga diserahkan Kartu Indonesia Pintar Kuliah. 

Untuk pencairan dana bantuan PIP ini, sebelumnya pihak sekolah akan mengumumkan waktu pencairan dana bantuan di lembaga penyalur (Bank) ke penerima manfaat. Pencairan dana untuk jenjang pendikan dasar (SD/SMP) dapat dilakukan melalui Bank BRI dan untuk jenjang pendidikan menengah (SMA/SMK) dilakukan di Bank BNI.  

Reporter: Steven
 
 
LPDI - Komunikasi Publik 

 

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 111

Kemarin 323

Minggu ini 111

Bulan ini 10189

Total 306458