Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

RANTEPAO || Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan membuka kegiatan Rapat Kerja Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Toraja Utara tahun 2020.

Rapat tersebut digelar di ruang utama perkantoran Pamda Bukit Marante Kecamatan Tondon, Toraja Utara, Sulawesi Selatan, Minggu (20/9/2020) siang.

Pengurus DMI Kabupaten Toraja Utara saat ini di ketuai oleh Mushawir yang juga menjabat Ketua Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam di Kementrian Agama Toraja Utara.

Bupati Kalatiku Paembonan dalam sambutannya menyampaikan kegembiraannya atas dipilihnya Kantor Gabungan DInas Pemkab Toraja Utara di Marante sebagai tempat pelaksanaan Rapat Kerja Dewan Mesjid Indonesia Cabang Toraja Utara.

“Saya bangga pengurus DMI hadir di sini, inilah kantor kita. Saya gembira rapat bisa digelar di sini karena sudah lama ingin bertemu pengurus-pengurus masjid,” ucapnya.

Menyoal kerukunan umat beragama, Toraja Utara sudah dikenal sebagai salah satu kabupaten yang memiliki kerukunan beragama yang harmonis dan selama ini telah menjadi lokasi tujuan studi kerukunan umat beragama. Setidaknya tenam pemerintah daerah lain yang datang belajar tentang kerukunan agama di Kabupaten Toraja Utara.

Kerukunan umat beragama tersebut, menurut Bupati tidak terlepas dari sistem nilai budaya Toraja yang tetap terpelihara hingga hari ini dalam interaksi sosial masyarakatnya.

“Saya ditanya apa tipsnya, langsung saya beri bukunya Bapak Nurdin Baturante tentang Tongkonan dan Kerukunan di Toraja yang merupakan penulisannya bentuk kasta memperlihatkan mentalnya kerukunan agama,” ungkapnya.

Bupati menyampaikan harapannnya, agar DMI Toraja Utara sebagai lembaga keagamaan dapat menjadi wadah pembinaan keagamaan yang membuat masyarakat bisa saling mengasihi satu dengan yang lain dan memahami kerukunan daerahnya sendiri.

Bupati dalam kegiatan ini didampingi Staf Khusus Bidang Perencanaan Alosius Lande.

Anugrah Y. Rundupadang
Sekretaris Dinas Kominfo.SP 
 
Foto: Upa'
 
 
LPDI - Komunikasi Publik

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 137

Kemarin 323

Minggu ini 137

Bulan ini 10215

Total 306484