Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara | www.torajautarakab.go.id

NANGGALA || Masyarakat di Lembang Nanggala, Kecamatan Nanggala kini memiliki sarana niaga berbasis kerakyatan berupa pasar tradisional Lembang Nanggala yang beberapa waktu lalu (Selasa, 22/9/2020) pengoperasiannya diresmikan oleh Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan.

Bupati dalam sambutannya menyampaikan, keberadaan pasar tradisional ini sangat penting dalam menunjang kesejahteraan ekonomi masyarakat yang tentunya memiliki korelasi langsung dengan pertumbuhan perekonomian daerah.

"Pasar tradisional yang ada di kecamatan Nanggala ini agar bisa meningkatkan pendapat masyarakat yang ada di Kecamatan Nanggala, Lembang/kelurahan Nanggala supaya perekonomian masyarakat dapat bertumbuh pada khususnya di bidang hasil bumi yang ada di kecamatan, Lembang dan kelurahan, kita harus yakin bahwa pasar ini bisa meningkatkan pendapatan masyarakat yang ada di kecamatan Nanggala," jelasnya.

Selain berfungsi sebagai rantai pasokan kebutuhan masyarakat yang umumnya dilakoni oleh pelaku usaha kalangan ekonomi menengah ke bawah, juga dengan beragam aktivitas ekonomi di dalamnya turut berkontribusi pada penyerapan tenaga kerja lokal.

“semoga keberadaan pasar tradisional ini ke depan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat, juga mampu membuka lapangan pekerjaan, serta memberikan stimulus  bagi pelaku usaha baru untuk tumbuh dan berkembang," lanjut Bupati.

Olehnya, Penguatan eksistensi pasar tradisional melalui pembangunan pasar tradisional terus diupayakan oleh pemerintah di pusat maupun daerah sebagai upaya memperluas akses masyarakat ke sektor ekonomi perniagaan.  

Hal tersebut oleh Bupati ditunjukkan melalui pembangunan pasar rakyat di Kabupaten Toraja Utara sebanyak 18 unit yang telah terealisasi dalam kurun waktu kurang lebih 4 tahun ini. 

Keberadaan pasar tradisional Nanggala ini selanjutnya perlu didukung dengan penataan dan pemeliharaan kebersihan yang dilakukan secara rutin untuk memberikan rasa nyaman bagi penggunanya, baik pedagang maupun pembeli. Untuk itu Bupati meminta agar aspek pengelolaan kebersihan dan ketertiban pasar dapat menjadi perhatian bersama pemerintah setempat dengan masyarakat.

"Saya mengajak kepada semua jajaran pemerintahan mulai dari tingkat kecamatan Nanggala, Lembang dan kelurahan agar semuanya bisa dapat menjaga kebersihan yang ada di pasar ini, agar bisa menumbuhkan perekonomian masyarakat dan pendapat rakyat akan meningkat," tutup Bupati Kalatiku Paembonan.

Tampak hadir Anggota DPRD dari PKPI Alam Samba, S.T., Kepala Dinas Perdagangan, Atto Matandung, Camat Nanggala bersama jajarannya, Kepala Lembang Nanggala, Flaneri Panca serta tokoh masyarakat setempat.

Reporter : Amos Rapang 
 
 
LPDI - Komunikasi Publik

PEMKAB. TORAJA UTARA

Alamat:
Jl. Ratulangi, No. 72 Singki', Rantepao, Kabupaten Toraja Utara,
Sulawesi Selatan - 91831
Fax: (0423) 2920970

Telepon Penting

Dinas Pemadam Kebakaran Toraja Utara
(0423) 2920701
Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21258
No Telepon PLN Rantepao, Toraja Utara
(0423) 21410

Statistik Website

Hari ini 137

Kemarin 323

Minggu ini 137

Bulan ini 10215

Total 306484